Percayalah bahwa penyesalan selalu datang diakhir, ketika kita membuka mata bahwa kita menyianyiakan waktu yang lalu. lalu terlintas di pikiran kita, “andai saja waktu bisa diputar”. Yah, itulah yang dinamakan penyesalan. Penyesalan tidak selalu berarti negatif, sesuai bagaimana cara pandang kita. Jika kita menyadari penyesalan bisa menjadi motivasi yang terus menerus, atau motivasi yang tidak akan pernah habis.

Orang-orang dahulu memang selalu pandai merangkai kata-kata, sehingga kita seakan dalam posisi kata-kata tersebut. Salah satunya adalah “Guru paling hebat adalah pengalaman”. Betapa indahnya kalimat tersebut, pesan terbesar dari kalimat itu adalah bahwa kita jangan menunda-nunda untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik, dari sekarang.

Terakhir saya mendapat sebuah berita yang kurang baik, bahwa pasalnya pendaftaran registrasi kedokteran yang saya ajukan tidak diterima atau kasarnya TIDAK LULUS. Wah, dari sanalah muncul sebuah motivasi hebat dalam diri ini. Mulai sekarang jangan menunda lagi untuk belajar, jadikan ini sebagai sebuah cambuk untuk meraih yang lebih baik. Toh, di hari depan saya masih mempunyai kesempatan mengikuti UTG-2, atau SNMPTN.

Atas alasan tersebut, saya menyadari bahwa kemampuan saya belum pantas bersaing dengan siswa-siswa lain jalur non-tertulis (PMDK/SNMPTN-Undangan), oleh karena di 2 bulan  menjelang SNMPTN-Tulis, saya harus belejar lebih keras lagi.

Banyak pula yang berkata dan member saran untuk mengambil jurusan baru, tapi TIDAK. Itu sudah menjadi sebuah tekad yang kuat, sebuah azzam yang tak akan mudah dipatahkan. Saya yakin kegagaglan pertama ini bukanlah awal dari kegagalan-kegagalan berikutnya, tapi justru sebuah kunci keberhasilan yang sangat nyata ke depan.

Sekarang yang perlu saya lakukan adalah belajar, belajar, dan belajar. Menghindarkan pikiran dari hal-hal negatif yang dapat meruntuhkan keyakinan, walaupun kuliah kedokteran membutuhkan biaya yang mahal, membutuhkan otak yang cemerlang, itu bukan masalah, tidak sama sekali. Kegagalan kali ini adalah motivasi. Motivasi untuk lebih berjuang lagi, belajar lagi, belajar lagi.

Oleh karena itu, ayolah kita belajar lebih keras. Jangan sampai kegagalan menjadi penghalang bagi kita, percayalah bahwa Tuhan memiliki rencana yang lebih baik terhadap diri kita. Masih ada harapan, pintu belum tertutup. Untuk kalian yang masih, kelas X atau XI, pesan kita sebagai kelas XII, belajar yang benar dari sekarang dan ambil setiap kesempatan yang ada.

 

“Untuk sahabat yang pernah mencicipi manisnya kegagalan, untuk yang takut akan kegagalan, percayalah! Kegagalan itu justru menjadi motivasi kita yang terbesar”

 

: Qolamul Hasna :

 

One response »

  1. Imron Wafdurrahman mengatakan:

    experience is the best teacher ^_^
    jatuh sekali untuk bangkit berkali-kali ..
    seperti halnya atlet lari jarak dekat, mereka harus mundur beberapa langkah di garis start untuk mengumpulkan kekuatan dan tenaga agar mampu berlari dengan kencang …sampai garis finish ..
    tetap semangat kawanku, kegagalan adalah batu loncatan yang akan memudahkan menuju kesuksesan di masa depan🙂
    keep struggle ..!!

Share your opinion here

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s