:: TIPS MENGHADAPI UJIAN SNMPTN (IPA) ::

Mayoritas strategi dari para peserta yang telah berhasil atau lolos seleksi SNMPTN/SPMB yakni dikarenakan mereka mencari nilai sebanyak-banyaknya dihari pertama karena dihari pertama mapel yang dikeluarkan masih tergolong dasar banget, tidak begitu susah, dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakanya. Olehkarena itu, biasanya para peserta cepet2an dalam mengerjakan soal tersebut untuk mendapatkan nilai sebanyak-banyaknya meski tidak boleh mengabaikan begitu saja ketelitian dan kecermatan.

Namun dihari kedua, para peserta umumnya mengerjakan soal-soal Kemampuan IPA dengan alokasi waktu yang cukup lama karena membutuhkan kecermatan,analisa,dan pemahaman yang lebih extra dibanding dihari pertama. Nah disini akan kelihatan banget antara orang-orang yang dikatakan eksak dengan orang yang noneksak.

Hmm, nampaknya pembahasan kita makin seru nieh,mungkin yang terbesit dibenak kalian adalah ”aduh!SNMPTN serem banget yach?!! GAWAT!!gw takut g lulus nie!!”.Hwe`e`e`, tenang aja bro,selama masih da waktu disana ada usaha kita! Untuk itu kami berikan beberapa tips yang kami peroleh baik dari pengalaman kami ataupun dari hasil pengamatan kami sejauh ini. Di bawah ini adalah tipsnya :

1. Matematika Dasar dari tahun ketahun “Tipe soal” yang dikeluarin hampir selalu sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Begitu juga materi+tipe soal Matematika Dasar disetiap SPMB selalu sama dengan lima tahun sebelumnya, meski ada satu atau dua soal yang bertipe baru disetiap tahunya dan itu menjadi suatu hal yang wajar.
Untuk mengatasi soal-soal baru ini, sehingga diharapkan kalian dapat mengerjakan semua soal dengan benar mengingat nilainya yang menggiurkan(jika kalian berhasil dalam 25 soal aja,kalian sudah mengantongi 100 point),uukh,lumayan banget khan.Oke,tips pertama kita kali ini adalah dengan memahami semua materi yang telah diajarkan di SMA dengan baik dan melatih pemahaman kalian dengan mengerjakan soal yang tingkat kesukarannya jauh dari yang lain.
Ada sebuah buku yang menyediakan materi yang lumayan mudah untuk dipahami, penjelasannya tidak berbelit-belit dan diakhir materi ada soal dan pembahasanya dan lebih bagus lagi soalnya bertingkat dari no 1 sampai kesekian menanjak naik kerumitanya, contoh konkritnya buku ”Seribu Pena” {ma`af kami tidak bermaksud promosi}.Dan satu hal yang tidak kalah pentingnya lagi adalah disarankan kalian tidak mengerjakan suatu soal dalam latihan kita kali ini yang tidak ada pembahasanya karena hal ini akan menyita waktu dan membuat kalian kurang memiliki rasa percaya diri,percaya dech!
Setelah kalian memahami dengan baik dibuku tersebut, sebenarnya kalian sudah berhak mendapatkan 92 point di Matematika Dasar dari 100 point maksimalnya di SNMPTN nanti. Namun perlu kalian ketahui bahwa mengerjakan matematika SNMPTN nanti butuh waktu yang cepat dan tepat. Olehkarena itu satu-satunya cara yang harus kalian tempuh yakni dengan sering-sering mengerjakan soal&melatih kecepatannya. Sehingga pas ujian nanti ketika kalian baru pertamakali membaca satu soal,dibenak kalian tuch langsung terpikir ”oo,nie tu gini,abis tu gini dan gini”. Bukanya malah ”Uasem!! Opwo ki maksute”,hahaha…. Nah untuk itu, buku yang cocok untuk belajar kali ini yakni ”kumpulan soal&pembahsan SPMB,terbitan Ganesha Operation”.{sekali lagi,kami tidak bermaksud promosi}

Olehkarena itu, belajar Matematika Dasar dari SPMB sangat bermafa`at untuk kesuksesan kalian dalam pertarungan di SNMPTN nanti. Bahkan dapat dipastikan bahwa tipe soal ditiap SNMPTN 95% akan selalu sama dengan tahun-tahun sebelumnya.Contoh konkritnya adalah SNMPTN tahun 2008 kemarin yakni tipe soalnya mirip dengan soal SPMB selama lima tahun sebelumnya yakni 200{7+6+5+4+3}.Dan perlu kalian ketahui bahwa Matematika Dasar untuk tahun 2007,2006,2005,2004,2003 memiliki tingkat kemiripan yang lebih.

2. Bahasa Indonesia.Untuk mapel yang satu ini umumnya dijadikan juga sebagai pegangan para peserta untuk mendapatkan nilai yang besar dalam SNMPTN. Hal ini dikarenakan materi yang diajarkan dalam bahasa indonesia masih tergolong umum dan tingkat kesulitannya lebih ringan daripada mapel yang lain. Strategi belajarnya juga cukup mudah yakni dengan belajar dari buku tentang EYD kemudian menerapkan pemahaman kalian kedalam soal-soal SPMB tahun-tahun sebelumnya.

3. Bahasa Inggris.Mapel kali ini tidak ada trik`s khususnya. Sebenarnya kesuksean dalam mengerjakan mapel kali ini didominasi keseriusan kalian ketika masa-masa MI,SMP hingga SMA.Because what? Karena untuk memahami soal bahasa inggris SNMPTN khususnya dibagian paragrah dibutuhkan koleksi kosakata yang cukup.Nah itu semua dapat kalian dapatkan ketika kalian belajar selama 12 tahun dibangku sekolah.Lah tyus gaman dunk?!Ancur dunk ntar bahasa inggris gw!! Hahaha,tenang aja bro,selama masih ada waktu disitu ada usaha dan kerja cerdas kita!
Gini, dibagian akhir dari soal bahasa inggris ada bagian yang membahas
grammar,naah nie cuman membutuhkan sedikit vocabulary doank. Nah qm dapat belajar dari buku2 yang nyedia`in materi tentang Vocabulary sebagai contoh Pembahasan B.Inggris karya Bob Foster ….
Akhh, nggak terasa nie pembahasan kita uda dihari kedua nieh,gmana kesan2nya tips dihari pertama? G begitu susah khan?^_^. Nah ketika kalian dihari kedua, butuh strategi yang lebih mateng lagi cz mapel2 dihari kedua biasanya menjadi musuh bebuyutan para siswa, sebut saja Fisika!hahaha…

4. Matematika IPA atau biasa disebut mipa, sebenarnya merupakan kelanjutan dari matematika dasar. Cuman yang membedakan hanyalah tambahan materinya saja yang tentu lebih mengasyikkan. Strategi belajarnya sich sama aja dengan strategi kita ketika belajar matematika Dasar. Dan berdasarkan pengalaman kami, untuk dapat mengerjakan matematika baik dasar atau MIPA dibutuhkan bukan hanya pemahaman saja melainkan ketrampilan dalam mengerjakan soal. Ketrampilan ini dapat kalian dapatkan dengan banyak-banyaklah berlatih soal-soal spmb tahun2 sebelumnya.

5. Biologi.Uhhuy!! nah nie kalian pada demen semua kan ma mapel ini!hahaha,tp sayang dulu aq bencinya minta ampun ma mapel yang satu ini,ngapalin dari alif ampek ya` bikin kepalaq peninG!!Tapi sebagai orang yang ambisius n gak mw nyerah,aq punya trik khusus. Perhati`ain dech soal dari tahun ketahun tipe&jenis soal SPMB,selalu sama khan!Malah banyak loch yang SAMA soalnya dari tahun ketahun dan itu jumlahnya cukup banyak terkadang bisa nyampek 10 soal loch! Jadi g da alesan klo qt g dapet point min 32 (8×4) di biologi.

6. Kimia.Nah,nie satu2nya pelajaran yang mengasyikkan khan,khusunya buat para cewek n nie jg ngingetin ketika masa kecil ketika kita maen2 ”pasaranmasak-masakan,,hehehe.
Oh koq jadi inget masa lalu sich,kembali ke laptob! Di setiap soal kimia baik itu ujian di SNMPTN/SPMB/UMPTN soalnya dari tahun ketahun yang ditanya`in ya itu-itu aja paling perubahanya cuman terjadi dari UMPTN ke SPMB n dari SPMB ke SNMPTN dan perubahan itupun hanya terjadi pada bentuk soal,tetapi isinya sama aja sih.Terkadang cuman satu atau 2 soal yang baru dan itu adalah hal yang wajar n itupun g susah koq ngejawabnya.

7. Fisika!!! Hwahahaha,nie-nie pasti kalian pada benci khan ma mapel yang atu ini! Ngaku aja loch!!!hahaha,tapi sorrrry yach aq g termasuk ma golongan kalian loch! Seperti yang kalian ketahui bahwa Fisika adalah sebagai momok bagi mayoritas siswa,nah nie dapat kalian manfaatin buat nyari` nilai di mapel yang satu ini cz kebanyakan dari peserta g ngerjain satupun dari soal fisika ato cuman maen nembak doank. Nah bagusnya dari fisika tuh,hampir selama 10 tahun mulai dari tahun 2008 kebelakang materinya & tingkat kerumitannya selalu sama, kecuali pada tahun 2010 kemaren tipe soalnya emang sama sich tapi kerumitanya lebih rumit dari tahun-tahun sebelumnya.
Selain itu ada baiknya kalian mempersiapkan Fisika sedini mungkin,biar dapet perfect di Fisika nanti,paling tidak kalian dikelas 12 tuch udah nguasa`in semua materi di Fisika dari kelas 10,11,12. Makanya bagi kalian yang masih duduk dikelas 10 SMA buruan belajar dulu sebelum pelajaran dimulai,nah klo ada bagian yang g ngerti tandain ntar tanya`in keguru, senior ato yang bisalah.Poko`knya kejar trus materi yang belum kalian pahami cz materi di Fisika tu nyambung terus. Nah 2 bulan sebelum ujian tinggal review lagi dech. Dari pengamatan kami, Fisika tuch sulit dipelajari dalam rentang waktu 2 bulan mendekati ujian, apalagi klo kalian belajarnya dari null gara2 di SMA dulu kerjaanya cuman tidur dikelas,cabut melulu waktu da pelajaran Fisika,palagi klo gurunya dapet yang killer-killer pasti kalian tambah tertekan khan. Akhirnya di tiap ujian kalian dapet 5 melulu,itupun udah dirata-rata satu sekul,hahaha…

8. IPA Terpadu.”Akh!!Yang terpisah aja susah apalagi yang dipadu!!” hahahaha, pernah kepikirang gitu khan! Tenang bro, kalo kalian bisa Matematika,Fisika,Kimia,Biologi dijamin dech bakalan Lancar di IPA Terpadu.
Nah yang lebih mengasykkan lagi,biasanya soal di IPA Terpadu tuh
sesuai dengan keadaan di Indonesia ketika SNMPTN/SPMB akan dilakukan.

—————————————————————————————————————————————————————–

:: TIPS MENGHADAPI SOAL SIMAK UI ::

Pertamax – Siapkan mental dan banyak belajar (ya iyalah)

Mental dibutuhkan agar kita tidak merasa nervous, gugup saat menghadapi simak. Jika kita mengerjakan soal-soal tersebut dengan perasaan gemetar, takut, maka apa yang akan terjadi? Anda akan menjadi tidak teliti, terburu-buru dan tergesa-gesa, dan itu tidak baik dalam menghadapi tes yang memiliki pressure yang cukup tinggi seperti simak ui. Jujur saja, saya sebenarnya memang merasakan hal yang sama saat simak, namun itu hanya sebentar. Lama-lama juga kalian akan terbiasa dengan kondisi seperti itu. Namun demikian, menurut saya rasa-rasa sepeti itu memang harus ada, karena ketika saya menghadapi UM UGM -karena waktu itu sudah diterima di simak- saya tidak ada beban sama sekali saat mengerjakan soal UGM dan menurut saya soal UGM itu lebih mudah dibandingkan dengan soal simak. Namun hasilnya : saya tidak lolos, padahal pilihan terakhir saya pada saat itu adalah matematika yang notabene passing grade-nya rendah. Hal tersebut tentu mengkagetkan saya, dan sejak saat itu saya berkesimpulan : UGM tidak menerima saya karena sudah diterima di pillihan pertama saya di Universitas Indonesia ( :P hehe). Ya, jadi gitu, mungkin tidak selamanya ketenangan dalam ujian berdampak baik.Keduax – Pasang Target Yang Maksimal 

Target yang maksimal itu adalah presentase nilai sebesar 68 %. Jika sudah mencapai nilai tersebut, saya yakin anda tinggal pilih saja jurusan apa yang enak menurut anda, karena saya rasa nilai 65% itu sudah dapat melampaui passing grade kedokteran UI yang merupakan passing grade yang terbesar se-Indonesia.
Sulitkah untuk mencapai itu ? Tidak.Ketigax – Perbanyaklah Latihan Soal 

Sebagian besar soal-soal simak UI dan spmb lainnya adalah merupakan soal-soal tahun sebelumnya yang bisa jadi dikopas langsung atau dengan modifikasi. Cara ini adalah cara yang paling efektif dalam menghadapi soal-soal spmb. Mengapa soal-soal simak UI / spmb begitu sulit? Jawabannya adalah : Karena soal-soal spmb itu tidak diajarkan di sekolahan. Anda butuh untuk mengikuti bimbingan belajar untuk khusus spmb dan banyak berlatih. Jika tidak ikut bimbel, hal tersebut tidak masalah, asalkan anda rajin mengerjakan soal-soal spmb tahun-tahun sebelumnya. Yang anda harus pahami juga seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwasanya soal-soal yang dikeluarkan pada saat simak ui ataupun spmb hampir seluruhnya adalah soal yang benar-benar baru. Banyak diantara soal-soal spmb tersebut yang merupakan soal tahun-tahun sebelumnya ataupun dengan ada sedikit perubahan pada bentuk soal. Soal-soal yang ada pada spmb merupakan soal berkualitas tinggi, yang memerlukan penalaran, dan pemahaman yang mendalam. Itu dengan catatan soal yang dikeluarkan benar-benar baru. Jadi sebenarnya anda juga tidak perlu pemahaman yang begitu mendalam, dengan catatan, bahwa anda benar-benar rajin dan mengulas kembali soal-soal spmb pada tahun-tahun sebelumnya.Keempatx – Sukailah Matematika 

Terutama untuk para pelajar yang merupakan anak IPA, maka harus memperdalam dan menguasai lebih jauh pelajaran matematika, terutama untuk aljabar. Hal ini berdasarkan dua faktor. Faktor yang pertama ialah, bahwa soal matematika merupakan soal dengan jumlah paling banyak diantara pelajaran yang lain, karena soal matematika ini terbagi dua, matematika dasar dan matematika IPA, dimana matematika IPA cenderung lebih memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dengan permasalahan matematis yang lebih kompleks. Namun begitu, matematika dasar juga tidak bolah disepelekan. Faktor yang kedua adalah, bahwasanya semua pelajaran IPA sejati membutuhkan konsep matematik didalamnya. Fisika, kimia semuanya membutuhkan matematika. Dan lagi, soal-soal spmb dan simak ui ini lebih banyak mengeluarkan soal hitungan ketimbang soal-soal teori. Jadi, mulai dari sekaranglah kuasai matematika terlebih lagi untuk aljabar.Kelimax – Optimis! 

Lalu seperti apa Sistem Penilaian Simak UI ini?
Berdasarkan yang saya dapatkan dari penerimaan.ui.ac.id :

Proses pengolahan Nilai SIMAK UI berdasarkan :

  • Proses Penilaian (Nilai Mentah) +4, 0, -1
  • Proses “Equating” (bila diperlukan) –> standarisasi kesetaraan antar naskah soal
  • Proses Transformasi Nilai Nasional –> rataan rangking nasional
  • Proses Alokasi bagi peserta yang memenuhi syarat –> tidak bertindak curang, mematuhi dan mengikuti alur seleksi ujian saringan masuk

————————————————————————————————————————————————————–

:: TIPS MENGHADAPI SOAL TPA ::

Tes Potensi Akademik adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang akademik umum. Tes ini juga sering diidentikkan dengan tes kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik yang dilakukan di Indonesia ini juga identik dengan tes GRE dan GMAT yang sudah menjadi standar internasional.

Saat ini, Tes Potensi Akademik dijadikan sebagai salah satu tes standar menerimaan di perguruan tinggi untuk jenjang S2 dan S3. Bahkan skarang SNMPTN pun pake Tes TPA. Selain itu, TPA juga dipergunakan secara luas sebagai tes standar penyaringan calon pegawai negeri sipil (CPNS), maupun pegawai swasta. Bahkan kenaikan pangkat setingkat manajer juga seringkali mempersyaratkan tes TPA dengan skor minimum tertentu.

Skor TPA/TKU masing-masing penyelenggara mempunyai kriteria sendiri, namun TPA/TKU yang telah umum dipergunakan dan diakui secara internasional yaitu yang diselenggarakan OTO Bappenas dan bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di dalam negeri. Skor tersebut antara 200 s.d 800 dimana paling rendah adalah 200 dan paling tinggi (apabila benar semua) adalah 800. Seseorang dianggap mempunyai kemampuan rata-rata bila mampu mencapai skor 500 (mean). Skor TPA yang diterbitkan OTO Bappenas berlaku hingga 2 th (dua tahun) sejak tanggal tes, dan tidak dapat diperpanjang kecuali yang bersangkutan mengikuti tes TPA kembali. Materi soal TPA terdiri dari 3 subtest yang masing-masing subtest memiliki skor antara 20 s.d 80, sehingga nilai/skor total didapat dari penjumlahan skor ketiga subtest tersebut dibagi 3 dan dikalikan 10 (rincian ini dapat dilihat di kertas skor TPA OTO-Bappenas).

Dibawah ini adalah tips-tips menghadapi soal TPA :

1. Satu bulan sebelumnya berlatihlah soal-soal TPA sebanyak mungkin. Dan patuhilah batasan waktu dalam mengerjakan TPA yang ada. Ini penting untuk membiasakan diri anda bekerja cepat menyelesaikan soal-soal tersebut. Jika anda tidak mematuhi batasan waktu tersebut, anda akan terbiasa mengerjakannya dengan santai dan dalam waktu yang lama. Jika ini terjadi, maka anda akan mengalami kesulitan pengaturan waktu saat tes TPA yang sebenarnya. Latihan soal-soal TPA sebanyak-banyaknya akan membuat anda akrab dengan berbagai jenis dan model soal.

2. Dalam tes TPA, tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus matematika tertentu yang rumit. Oleh sebab itu, tak perlu anda menghafal berbagai macam rumus-rumus matematika yang rumit untuk menghadapi tes TPA, karena akan membebani anda saja. Yang diperlukan adalah logika berpikir terstruktur.

3. Saat anda mengerjakan soal-soal TPA, kondisikan diri anda dalam keadaan yang konsentrasi tapi rileks. Tidak tegang. Tidak panik.

4. Sebelum mulai mengerjakan, lihatlah jumlah soal dan jumlah waktu yang diberikan. Lalu hitunglah berapa alokasi waktu persoal. Misalkan persoal, anda punya waktu 30 detik, maka kerjakanlah masing-masing soal maksimal dalam waktu 25 detik saja. Sisa 5 detik ini penting untuk mengerjakan soal-soal yang terlewati atau masih ragu-ragu dalam jawaban. Jika dalam waktu 25 detik, anda tidak mampu menemukan jawabannya, lewati saja. Pokoknya lewati saja.

5. Selain mematuhi alokasi waktu per soal, upayakan pula menabung waktu. Jika dalam mengerjakan satu soal anda hanya membutuhkan 23 detik, maka anda dapat menabung 7 detik. Ini sangat penting artinya di saat-saat akhir. Karena anda akan sangat memerlukan waktu untuk mengulangi soal yang terlewati, soal yang masih ragu-ragu jawabannya, dan meneliti ulang lembar jawaban apakah arsiran pensilnya sudah hitam sempurna.

6. Jika anda menemukan soal (terutama soal dari tes angka) yang bentuknya belum pernah anda temukan sebelumnya dan anda tidak tahu bagaimana mengerjakan soal tersebut, maka jangan ambil pusing.
YA, JANGAN AMBIL PUSING. Lewati dulu. Berpusing-pusing ria terhadap soal tertentu yang anda belum tahu bentuknya danbagaimana mengerjakannya, akan menguras energi otak dan menguras stamina berfikir anda.

7. Jangan sekali-kali merasa penasaran dengan soal tertentu. Soal manapun saja. Disiplinlah dengan alokasi waktu per soal. Ikuti aturan GBYL. Gak Bisa ? Ya Lewati. Rasa penasaran terhadap soal tertentu ini sangat merugikan. Rasa penasaran ini dapat ”mengusik” konsentrasi anda dalam mengerjakan soal-soal berikutnya.

8. Jangan pilih kasih terhadap soal tertentu. Semua soal adalah sama bobot nilainya. Oleh karena itu, setiap soal mendapatkan alokasi jatah waktu yang sama.

9. Berdasarkan penelitian ilmiah, kondisi psikis, mental dan kinerja otak memiliki hubungan erat. Jika kondisi psikis tenang, maka otak anda berada pada gelombang tertentu yang sangat kondusif untuk berpikir secara optimal. Oleh sebab itu, sebelum melaksanakan tes TPA, bagi anda yang muslim, sempatkanlah pergi ke mushola atau ruangan untuk sholat, untuk melaksanakan sholat hajat (sholat dalam rangka bermohon sesuatu). Bermohonlah kepada Allah agar anda dapat melaksanakan tes TPA ini dengan baik dan melampaui skor minimum yang diharapkan. Anda dapat pula mencontoh doa Nabi Musa ketika yang bermohon agar dipermudah urusannya, yaitu : (Ya Allah) ”Yassirlii Amrii…” Yang artinya Ya Allah, mudahkanlah urusanku. Dengan melaksanakan sholat hajat sebelum tes dan do’a tersebut, Insya Allah anda akan merasakan kondisi psikis dan mental yang lebih baik. Lebih tenang. Sehingga otak anda berada pada kondisi optimal untuk berpikir.

10. sudah maksimal berusaha? Berdoalah. sebelum dan sesudah mengerjakan tes. Dan bertawakkal terhadap hasil yang diterima. (klo hasilnya mengecewakan, berbesar hatilah.. sapa tau emank bukan jodoh disini).

SUMBER : Hasil wawancara dengan Ari Aji Cahyono ( Fak. Agrobisnis UGM), Dini Prima (Fak. Sosiatri UGM), Sigit Cahyono (STAN)

Qolamul Hasna

Satu tanggapan »

Share your opinion here

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s